WE KNOW NOTHING WE KNOW ALL THING

Posted on 21 Oktober 2010

0


Segala sesuatunya memang diawali dengan ketidak tahuan,dengan kita berusaha pasti kita akan dapat apa yang kita tidak ketahui.
______________________________________________________________
WE KNOW NOTHING IS BETTER WE KNOW ALLTHING? Mengapademikian?
Bukankah mengatahui segala hal lebih baik di banding tidakmengetahui hal apa pun?

Mungkin kita pernah mendengar pepatah yang berbunyi “manusiatidak pernah puas”, saya
menangkap pepatah ini dalam dua pengertian yakni negatif danpositif. Negatif karena
terkadang dalam kehidupan ekonomi manusia tidak pernah puasakan apa yang telah
dimilikinya dan terus mencoba melebihi apa yang sudah jadibatas kemampuannya, sehingga
sehingga hidupnya bersifat konsumtif bukan produktif.Positif karena manusia tak pernah
puas akan ilmu, pengetahuan, informasi, dsb yang dimilikinyasehingga manusia akan terus
dan terus belajar dalam hidupnya. Inilah maksud dari “WeKnow Nothing” sebagai manusia
terus belajar dan menggali ilmu adalah hak tiap individu.Dalam menggali ilmu (pendidikan)
biasanya kita langsung berfikir tentang sekolah padahalmenggali ilmu itu sendiri dibagi
menjadi 2 macam, formal dan non formal*:
· Pendidikan formal: merupakan pendidikan yangdiselenggarakan di sekolah-
sekolah pada umumnya. Jalur pendidikan ini mempunyai jenjangpendidikan yang
jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah,sampai pendidikan tinggi.
· Pendidikan nonformal: paling banyak terdapat pada usiadini, serta pendidikan
dasar, adalah TPA, atau Taman Pendidikan Al Quran,yangbanyak terdapat di setiap
mesjid dan Sekolah Minggu, yang terdapat di semuagereja.Selain itu, ada juga
berbagai kursus, diantaranya kursus musik, bimbingan belajardan sebagainya.
Program – program PNF yaitu Keaksaraan fungsional (KF);Pendidikan Kesetaraan A,
B, C; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD); Magang; dansebagainya Lembaga PNF
yaitu PKBM, SKB, BPPNFI, dan lain sebagainya.
Dalam dunia yang terus berkembang, tentu kita dituntut untukterus belajar dan menggali
informasi. Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam menggaliinformasi baik itu membaca,
bergaul, bermain, dsb kita bisa mendapatkan informasi bahkanbelajar suatu hal. Kita harus
membuka wawasan kita ke lingkungan sekitar, kita harusmembuka mata dan telinga akan
apa yang ada di sekitar kita karena apa yang kita dapatkandi sekolah maupun perkuliahan
tidak akan bermakna jika kita tidak mengaplikasikannya dimasyarakat. Di era globalisasi ini
setiap individu memang dituntut lebih kreatif,kekreatifitasan ini tentu bisa didapatkan dari
masyarakat. Orang yang menutup mata-telinganya akan apa yangada dan terjadi di
masyarakat tidak akan pernah berkembang. Menutup mata-telingamaksudnya adalah tidak
mau mencari akan informasi dari lingkungan sekitar, baik itudalam dunia nyata maupun
dunia maya.
Belajar tentu harus memiliki motivasi tertentu, mengapademikian? Ini dikarenakan belajar
haruslah berdasarkan niat dari diri individu itu sendiri.Dengan adanya niat yang kuat akan
muncul suatu motivasi yang membuat belajar menjadi semakinmengasyikan. Belajar yang
monoton akan menimbulkan suatu kejenuhan. Inilah yang sedangmarak terjadi di pendidikan
Indonesia. Begitu banyak tuntutan kepada murid baik itutugas maupun materi pada
kurikulum yang padat dan berubah-ubah. Saat saya di SMA,guru saya pun ikut kerepotan
akan kurikulum pendidikan yang padat dan kerap kali berubah.Menurut saya situasi seperti
inilah yang membuat siswa-siswi stress, terbebani dalambelajar, dsb. Hal tersebut bisa kita
lihat dari perilaku siswa-siswi di sekolah seperti: bolossekolah, nongkrong setelah pulang
sekolah (dengan anggapan untuk refreshing), dsb. Mungkin adabenarnya kalau belajar itu
tidak boleh enaknya saja, namun kita seharusnya mencontohnegara maju yang memiliki
system pendidikan lebih efektif. Kita ambil contoh dariJepang, berikut adalah salah satu
sekolah menengah atas ternama di negeri matahari tersebut**:
Kita telah membahas apa maksud dari “WE KNOW NOTHING” ,belajar dalah kata kata
kuncinya. Lalu bagaimana dengan “WE KNOW ALLTHING” mengapamengetahui segala
hal tidak jauh lebih baik daripada mempelajari berbagai hal?Mengetahui berbagai hal
memang didambakan setiap orang, karena ini terkesanmenggambarkan orang yang cerdas,
pandai, berwawasan luas, dsb. Namun tahukan kalian akandampak yang negatif dari “WE
KNOW ALLTHING” ini? Kadang orang yang sudah mengetahuisegala hal akan menjadi
sombong dan malas, karena dia merasa dirinya telah mencapaititik puncak dari suatu
pengetahuan. Ini juga bisa berdampak ke hubungan sosial,orang di sekitarnya tidak akan
memiliki interesting dalam berbicara dengan dirinya. Inihanya sebagai contoh mengapa “WE
KNOW ALLTHING” tidak lebih baik dari “WE KNOW NOTHING”karena menurut saya
ini hanyalah perbedaan paham dan cara kita memandangbagaimana kita menghadapi ilmu
pengetahuan dan informasi di sekitar kita. Mudah saja, orangyang berfikiran “WE KNOW
NOTHING” akan terus berkembang dibandingkan dengan orangyang berfikiran “WE
KNOW ALLTHING”.
*** Tom Krause “Jika kau hanya melakukan apa yang kau tahubisa kau kerjakan, kau tidak
akan bisa berbuat lebih.” Tom Krause (1934), motivator,guru, dan pelatih”. Kalimat emas ini
jelas menggambarkan jika kita hanya melakukan apa yang kitabisa dan ketahui itu hanyalah
akan menjadi sia-sia, karena kita tidak akan mendapatkan halyang berguna untuk masa
depan kita. Mencoba hal baru adalah hal yang dianjurkandalam quotes ini, karena dengan
bereksperimen akan hal yang belom pernah kita lakukan akanmemberikan pengetahuan baru
yang tentunya akan berguna untuk masa depan kita. Kita tahupengalaman adalah guru yang
paling baik, maka dari itu dengan kita mencoba berbagai halkita akan mendapatkan
pengalaman-pengalaman yang membuat kita menjadi semakinmatang. Masa muda adalah
masa yang berapi-api, begitulah yang dikatakan oleh rajadangdut Indonesia bang haji Rhoma
Irama. Menurut saya hal ini sangat positif dalam pengertiansemangat yang tinggi dalam
meraih cita-cita juga berbagai hal tentang hidup. Haltersebut juga bisa digunakan di berbagai
macam hal, sebagai contoh berikut ini adalah tips untukmenjalankan bisnis dari sebuah
pengalaman****:
Orang yang belajar dari pengalaman hidupnya adalah orangyang tergolong “WE KNOW
NOTHING” karena dia selalu belajar akan apa yang pernahdialaminya maupun akan apa
yang ada di depannya.
Dengan terus belajar dan berdoa tentu bisa meraih sukses.Tanpa perlu meniru orang lain kita
pun bisa meraihnya dengan cara kita sendiri.
Para Penemu :

Albert Einstein


 Tuhan tidak bermaindadu dengan alam ciptaanya dan segala keajaiban ilmu pengetahuan membuktikankodrat alam ini… Albert Einstein(1879-1955)
AlbertEinstein dilahirkan di Ulm, Kerajaan Wuettemberg, Prusia Raya (sekarang Jerman)pada tanggal 14 Maret 1879. Beliau terlahir sebagai putra sulung dari pasanganHermann Einstein dan Pauline Koch. Ayahnya berprofesi sebagai pedagang kasurbulu. Pada tahun 1980 bisnis ayahnya mengalami kegagalan. Keluarga Einsteinpindah ke Munich. Di kota ini Hermann dan adiknya mendirikan perusahaaninstalasi gas dan air.
Diwaktu kecilnya Albert Einstein nampak terbelakang karena kemampuan bicaranyaamat terlambat. Wataknya pendiam dan suka bermain seorang diri. Bulan November1981 lahir adik perempuannya yang diberi nama Maja. Sampai usia tujuh tahunAlbert Einstein suka marah dan melempar barang, termasuk kepada adiknya.
Minatdan kecintaannya pada bidang ilmu fisika muncul pada usia lima tahun. Ketikasedang terbaring lemah karena sakit, ayahnya menghadiahinya sebuah kompas.Albert kecil terpesona oleh keajaiban kompas tersebut, sehingga ia membulatkantekadnya untuk membuka tabir misteri yang menyelimuti keagungan dan kebesaranalam.
Meskipunpendiam dan tidak suka bermain dengan teman-temannya, Albert Einstein tetapmampu berprestasi di sekolahnya. Raportnya bagus dan ia menjadi juara kelas.Selain bersekolah dan menggeluti sains, kegiatan Albert hanyalah bermain musikdan berduet dengan ibunya memainkan karya-karya Mozart dan Bethoveen.
Albert menghabiskanmasa kuliahnya di ETH (EidgenoessischeTechnische Hochscule). Pada usia 21 tahun Albert dinyatakan lulus.Setelah lulus, Albert berusaha melamar pekerjaan sebagai asisten dosen, tetapiditolak. Akhirnya Albert mendapat pekerjaan sementara sebagai guru di SMA.Kemudian dia mendapat pekerjaan di kantor paten di kota Bern. Selama masa ituAlbert tetap mengembangkan ilmu fisikanya.
Tahun 1905 adalahtahun penuh prestasi bagi Albert, karena pada tahun ini ia menghasilkankarya-karya yang cemerlang. Berikut adalah karya-karya tersebut:
Maret: paper tentang aplikasi ekipartisi padaperistiwa radiasi, tulisan ini merupakan pengantar hipotesa kuantum cahayadengan berdasarkan pada statistik Boltzmann. Penjelasan efek fotolistrik padapaper inilah yang memberinya hadiah Nobel pada tahun 1922.
April : desertasi doktoralnya tentangpenentuan baru ukuran-ukuran molekul. Einstein memperoleh gelar PhD-nya dariUniversitas Z?
Mei : papernya tentang gerak Brown.
Juni : Papernya yang tersohor, yaitu tentangteori relativitas khusus, dimuatAnnalender Physik denganjudul Zur Elektrodynamik bewegter K?r(Elektrodinamikabenda bergerak).
September : kelanjutan papernya bulan Juni yangsampai pada kesimpulan rumus termahsyurnya : E = mc2, yaitubahwa massa sebuah benda (m)adalah ukuran kandungan energinya (E). c adalah laju cahaya di ruang hampa (c >> 300 ribu kilometer perdetik). Massa memiliki kesetaraan dengan energi, sebuah fakta yang membukapeluang berkembangnya proyek tenaga nuklir di kemudian hari. Satu gram massadengan demikian setara dengan energi yang dapat memasok kebutuhan listrik 3000rumah (berdaya 900 watt) selama setahun penuh, suatu jumlah energi yang luarbiasa besarnya.
Tahun1909, Albert Einstein diangkat sebagai profesor di Universitas Zurich. Tahun1915, ia menyelesaikan kedua teori relativitasnya. Penghargaan tertinggi ataskerja kerasnya sejak kecil terbayar dengan diraihnya Hadiah Nobel pada tahun1921 di bidang ilmu fisika. Selain itu Albert juga mengembangkan teori kuantumdan teori medan menyatu.
Padatahun 1933, Albert beserta keluarganya pindah ke Amerika Serikat karenakhawatir kegiatan ilmiahnya – baik sebagai pengajar ataupun sebagai peneliti –terganggu. Tahun 1941, ia mengucapkan sumpah sebagai warga negara AmerikaSerikat. Karena ketenaran dan ketulusannya dalam membantu orang lain yangkesulitan, Albert ditawari menjadi presiden Israel yang kedua. Namun jabatanini ditolaknya karena ia merasa tidak mempunyai kompetensi di bidang itu.Akhirnya pada tanggal 18 April 1955, Albert Einstein meninggal dunia denganmeninggalkan karya besar yang telah mengubah sejarah dunia.
Meskipundemikian, Albert sempat menangis pilu dalam hati karena karya besarnya – teorirelativitas umum dan khusus – digunakan sebagai inspirasi untuk membuat bomatom. Bom inilah yang dijatuhkan di atas kota Hiroshima dan Nagasaki saatPerang Dunia II berlangsung. (An)
Sumber : IPTEKnet
JAMESWATT 1736-1819
JamesWatt, orang Skotlandia yang sering dihubungkan dengan penemu mesin uap, adalahtokoh kunci Revolusi Industri.
Sebenarnya, Watt bukanlah orang pertama yang membikin mesin uap. Rancanganserupa disusun pula oleh Hero dari Iskandariah pada awal tahun Masehi. Di tahun1686 Thomas Savery membikin paten sebuah mesin uap yang digunakan untuk memompaair, dan di tahun 1712, seorang Inggris Thomas Newcomen, membikin pula patenbarang serupa dengan versi yang lebih sempurna, namun mesin ciptaan Newcomenmasih bermutu rendah dan kurang efisien, hanya bisa digunakan untuk pompa airdari tambang batubara.
Wattmenjadi tertarik dengan ihwal mesin uap di tahun 1764 tatkala dia sedangmembetulkan mesin ciptaan Newcomen. Meskipun Watt cuma peroleh pendidikansetahun sebagai tukang pembuat perkakas, tetapi dia punya bakat pencipta yangbesar. Penyempurnaan-penyempurnaan yang dilakukannya terhadap mesin bikinanNewcomen begitu penting, sehingga layaklah menganggap sesungguhnya Wattlahpencipta pertama mesin uap yang praktis.
Keberhasilan Watt pertama yang dipatenkannya di tahun 1769 adalah penambahan ruangterpisah yang diperkokoh. Dia juga membikin isolasi pemisah untuk mencegahmenghilangnya panas pada silinder uap, dan di tahun 1782 dia menemukan mesinganda. Dengan beberapa perbaikan kecil, pembaruan ini menghasilan peningkatanefisiensi mesin uap dengan empat kali lipat atau lebih. Dalam praktek,peningkatan efisiensi ini memang merupakan hasil dari suatu kecerdasan namuntidaklah begitu merupakan peralatan yang bermanfaat dan bukan pula punyakegunaan luar biasa ditilik dari sudut industri.
Wattjuga menemukan (di tahun 1781) seperangkat gerigi untuk mengubah gerak balikmesin sehingga menjadi gerak berputar. Alat ini meningkatkan secarabesar-besaran penggunaan mesin uap. Watt juga berhasil menciptakan pengontrolgaya gerak melingkar otomatis (tahun 1788), yang menyebabkan kecepatan mesindapat secara otomatis diawasi. Juga menciptakan alat pengukur bertekanan (tahun1790), alat penghitung kecepatan, alat petunjuk dan alat pengontrol uap sebagaitambahan perbaikan lain-lain peralatan.
Wattsendiri tidak punya bakat bisnis. Tetapi, di tahun 1775 dia melakukanpersekutuan dengan Matthew Boulton, seorang insinyur, dan seorang pengusahayang cekatan. Selama dua puluh lima tahun sesudah itu, perusahaan Watt danBoulton memproduksi sejumlah besar mesin uap dan keduanya menjadi kaya raya.
Mesin uap bekerja ganda penemuan Watt tahun 1769
Memang sulit melebih-lebihkan arti penting mesin uap. Sebab, memang banyakpenemuan-penemuan lain yang memegang peranan penting mendorong berkembangnyaRevolusi Industri. Misalnya, perkembangan dunia tambang, metalurgi, danmacam-macam peralatan mesin. Sekoci yang meluncur bolak-balik dalam mesin tenun(penemuan John Kay tahun 1733), atau alat pintal (penemuan James Hargreavestahun 1764) semuanya terjadi mendahului kreasi Watt. Sebagian terbesar daripenemuan-penemuan itu hanyalah merupakan penyempurnaan yang kurang berarti dantak satu pun punya arti vital dalam kaitan dengan bermulanya Revolusi Industri.Lain halnya dengan penemuan mesin uap yang memainkan peranan penting dalamRevolusi Industri, yang tampaknya keadaan akan mengalami bentuk lain.Sebelumnya, meskipun tenaga uap digunakan untuk kincir angin dan putaran air,sumber pokok tenaga mesin terletak pada tenaga manusia. Faktor ini amatmembatasi kapasitas produksi industri. Berkat penemuan mesin uap, keterbatasanini tersingkirkan. Sejumlah besar energi kini dapat disalurkan untuk hal-halyang produktif yang menanjak dengan teramat derasnya. Embargo minyak tahun 1973membuat kita sadar betapa sengsaranya jika bahan energi berkurang dan mampumelumpuhkan industri. Pengalaman ini, pada tingkat tertentu, mendorong kitamembayangkan arti penting Revolusi Industri berkat penemuan James Watt.
Disamping manfaat tenaga untuk pabrik, mesin uap juga punya guna besar dibidang-bidang lain. Di tahun 1783, Marquis de Jouffroy di Abbans berhasilmenggunakan mesin uap untuk penggerak kapal. Di tahun 1804, Richard Trevithickmenciptakan lokomotif uap pertama. Tak satu pun dari model-model pemula ituberhasil secara komersial. Dalam tempo beberapa puluh tahun, barulah baik kapalmaupun kereta api menghasilkan revolusi baik di bidang pengangkutan daratmaupun laut.
RevolusiIndustri berlangsung hampir berbarengan dengan Revolusi Amerika maupunPerancis. Meskipun waktu itu tampaknya sepele, kini tampak jelas betapaRevolusi Industri itu seakan digariskan mempunyai makna jauh lebih pentinguntuk peri kehidupan manusia ketimbang arti penting revolusi politik. JamesWatt, oleh sebab itu tergolong salah seorang yang punya pengaruh penting dalam sejarah.

GalileoGalilei (biografi)


IlmuwanItali besar ini mungkin lebih bertanggung jawab terhadap perkembangan metodeilmiah dari siapa pun juga. Galileo lahir di Pisa, tahun 1564. Selagi mudabelajar di Universitas Pisa tetapi mandek karena urusan keuangan. Meski begitutahun 1589 dia mampu dapat posisi pengajar di universitas itu. Beberapa tahunkemudian dia bergabung dengan Universitas Padua dan menetap di sana hinggatahun 1610. Dalam masa inilah dia menciptakan tumpukan penemuan-penemuanilmiah.

Sumbangan penting pertamanya di bidang mekanika. Aristoteles mengajarkan, bendayang lebih berat jatuh lebih cepat ketimbang benda yang lebih enteng, danbergenerasi-generasi kaum cerdik pandai menelan pendapat filosof Yunani yangbesar pengaruh ini. Tetapi, Galileo memutuskan mencoba dulu benar-tidaknya, danlewat serentetan eksperimen dia berkesimpulan bahwa Aristoteles keliru. Yangbenar adalah, baik benda berat maupun enteng jatuh pada kecepatan yang samakecuali sampai batas mereka berkurang kecepatannya akibat pergeseran udara.(Kebetulan, kebiasaan Galileo melakukan percobaan melempar benda dari menaraPisa tampaknya tanpa sadar).


Mengetahui hal ini, Galileo mengambil langkah-langkah lebih lanjut. Denganhati-hati dia mengukur jarak jatuhnya benda pada saat yang ditentukan danmendapat bukti bahwa jarak yang dilalui oleh benda yang jatuh adalah berbandingseimbang dengan jumlah detik kwadrat jatuhnya benda. Penemuan ini (yang berartipenyeragaman percepatan) memiliki arti penting tersendiri. Bahkan lebih pentinglagi Galileo berkemampuan menghimpun hasil penemuannya dengan formulamatematik. Penggunaan yang luas formula matematik dan metode matematikmerupakan sifat penting dari ilmu pengetahuan modern.

Sumbangan besar Galileo lainnya ialah penemuannya mengenai hukum kelembaman.Sebelumnya, orang percaya bahwa benda bergerak dengan sendirinya cenderungmenjadi makin pelan dan sepenuhnya berhenti kalau saja tidak ada tenaga yangmenambah kekuatan agar terus bergerak. Tetapi percobaan-percobaan Galileo membuktikanbahwa anggapan itu keliru. Bilamana kekuatan melambat seperti misalnyapergeseran, dapat dihilangkan, benda bergerak cenderung tetap bergerak tanpabatas. Ini merupakan prinsip penting yang telah berulang kali ditegaskan olehNewton dan digabungkan dengan sistemnya sendiri sebagai hukum gerak pertamasalah satu prinsip vital dalam ilmu pengetahuan.

Penemuan Galileo yang paling masyhur adalah di bidang astronomi. Teoriperbintangan di awal tahun 1600-an berada dalam situasi yang tak menentu.Terjadi selisih pendapat antara penganut teori Copernicus yang matahari-sentrisdan penganut teori yang lebih lama, yang bumi-sentris. Sekitar tahun 1609Galileo menyatakan kepercayaannya bahwa Copernicus berada di pihak yang benar,tetapi waktu itu dia tidak tahu cara membuktikannya. Di tahun 1609, Galileodengar kabar bahwa teleskop diketemukan orang di Negeri Belanda. MeskipunGalileo hanya mendengar samar-samar saja mengenai peralatan itu, tetapi berkatkegeniusannya dia mampu menciptakan sendiri teleskop. Dengan alat baru ini diamengalihkan perhatiannya ke langit dan hanya dalam setahun dia sudah berhasilmembikin serentetan penemuan besar.

Dilihatnya bulan itu tidaklah rata melainkan benjol-benjol, penuh kawah dangunung-gunung. Benda-benda langit, kesimpulannya, tidaklah rata serta licinmelainkan tak beraturan seperti halnya wajah bumi. Ditatapnya Bima Sakti dantampak olehnya bahwa dia itu bukanlah semacam kabut samasekali melainkanterdiri dari sejumlah besar bintang-bintang yang dengan mata telanjang memangseperti teraduk dan membaur satu sama lain.

Kemudian diincarnya planit-planit dan tampaklah olehnya Saturnus bagaikandilingkari gelang. Teleskopnya melirik Yupiter dan tahulah dia ada empat buahbulan berputar-putar mengelilingi planit itu. Di sini terang-benderanglahbaginya bahwa benda-benda angkasa dapat berputar mengitari sebuah planit selainbumi. Keasyikannya menjadi-jadi: ditatapnya sang surya dan tampak olehnya adabintik-bintik dalam wajahnya. Memang ada orang lain sebelumnya yang juga melihatbintik-bintik ini, tetapi Galileo menerbitkan hasil penemuannya dengan carayang lebih efektif dan menempatkan masalah bintik-bintik matahari itu menjadiperhatian dunia ilmu pengetahuan. Selanjutnya, penelitiannya beralih ke planitVenus yang memiliki jangka serupa benar dengan jangka bulan. Ini merupakanbagian dari bukti penting yang mengukuhkan teori Copernicus bahwa bumi dansemua planit lainnya berputar mengelilingi matahari.

Ilustrasi dari hukum daya pengungkit Galileo dipetik dari buku Galileo ‘PerbincanganMatematik dan Peragaan’

Penemuan teleskop dan serentetan penemuan ini melempar Galileo ke atas tanggakemasyhuran. Sementara itu, dukungannya terhadap teori Copernicus menyebabkandia berhadapan dengan kalangan gereja yang menentangnya habis-habisan.Pertentangan gereja ini mencapai puncaknya di tahun 1616: dia diperintahkanmenahan diri dari menyebarkan hipotesa Copernicus. Galileo merasa tergencetdengan pembatasan ini selama bertahun-tahun. Baru sesudah Paus meninggal tahun1623, dia digantikan oleh orang yang mengagumi Galileo. Tahun berikutnya, Pausbaru ini –Urban VIII– memberi pertanda walau samar-samar bahwa larangan buatGalileo tidak lagi dipaksakan.

Enam tahun berikutnya Galileo menghabiskan waktu menyusun karya ilmiahnya yangpenting Dialog Tentang Dua Sistem Penting Dunia. Buku ini merupakan peragaanhebat hal-hal yang menyangkut dukungan terhadap teori Copernicus dan buku iniditerbitkan tahun 1632 dengan ijin sensor khusus dari gereja. Meskipun begitu,penguasa-penguasa gereja menanggapi dengan sikap berang tatkala buku terbit danGalileo langsung diseret ke muka Pengadilan Agama di Roma dengan tuduhanmelanggar larangan tahun 1616.

Tetapi jelas, banyak pembesar-pembesar gereja tidak senang dengan keputusanmenghukum seorang sarjana kenamaan. Bahkan dibawah hukum gereja saat itu, kasusGalileo dipertanyakan dan dia cuma dijatuhi hukuman enteng. Galileo tidakdijebloskan ke dalam bui tetapi sekedar kena tahanan rumah di rumahnya sendiriyang cukup enak di sebuah villa di Arcetri. Teorinya dia tidak boleh terimatamu, tetapi nyatanya aturan itu tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya.Hukuman lain terhadapnya hanyalah suatu permintaarn agar dia secara terbukamencabut kembali pendapatnya bahwa bumi berputar mengelilingi matahari. Ilmuwanberumur 69 tahun ini melaksanakannya di depan pengadilan terbuka. (Ada ceriteramasyhur yang tidak tentu benarnya bahwa sehabis Galileo menarik lagipendapatnya dia menunduk ke bumi dan berbisik pelan, “Tengok, dia masih terusbergerak!”). Di kota Arcetri dia meneruskan kerja tulisnya di bidang mekanika.Galileo meninggal tahun 1642.

Sumbangan besar Galileo terhadap kemajuan ilmu pengetahuan sudah lama dikenal.Arti penting peranannya terletak pada penemuan-penemuan ilmiah seperti hukumkelembaman, penemuan teleskopnya, pengamatan bidang astronominya dankegeniusannya membuktikan hipotesa Copernicus. Dan yang lebih penting adalahperanannya dalam hal pengembangan metodologi ilmu pengetahuan. Umumnya parafilosof alam mendasarkan pendapatnya pada pikiran-pikiran Aristoteles sertamembuat penyelidikan secara kualitatif dan fenomena yang terkategori.Sebaliknya, Galileo menetapkan fenomena dan melakukan pengamatan atas dasarkuantitatif. Penekanan yang cermat terhadap perhitungan secara kuantitatif sejakitu menjadi dasar penyelidikan ilmu pengetahuan di masa-masa berikutnya.

Galileo mungkin lebih punya tanggung jawab daripada orang mana pun untukpenyelidikan ilmiah dengan sikap empiris. Dialah, dan bukannya yang lain, yangpertama kali menekankan arti penting peragaan percobaan-percobaan, dia menolakpendapat bahwa masalah-masalah ilmiah dapat diputuskan bersama dengankekuasaan, apakah kekuasaan itu namanya Gereja atau kaidah dalil Aristoteles.Dia juga menolak keras bersandar pada skema-skema yang menggunakan alasan ruwetdan bukannya bersandar pada dasar percobaan yang mantap. Cerdik cendikiawanabad tengah memperbincangkan bertele-tele apa yang harus terjadi dan mengapasesuatu hal terjadi, tetapi Galileo bersikeras pada arti penting melakukanpercobaan untuk memastikan apa sesungguhnya yang terjadi. Pandangan ilmiahnyajelas gamblang tidak berbau mistik, dan dalam hubungan ini dia bahkan lebihmodern ketimbang para penerusnya, seperti misalnya Newton.

Galileo, dapat dianggap orang yang taat beragama. Lepas dari hukuman yangdijatuhkan terhadap dirinya dan pengakuannya, dia tidak menolak baik agamamaupun gereja. Yang ditolaknya hanyalah percobaan pembesar-pembesar gerejauntuk menekan usaha penyelidikan ilmu pengetahuannya. Generasi berikutnya amat beralasanmengagumi Gahleo sebagai lambang pemberontak terhadap dogma dan terhadapkekuasaan otoriter yang mencoba membelenggu kemerdekaan berfikir. Artipentingnya yang lebih menonjol lagi adalah peranan yang dimainkannya dalam halmeletakkan dasar-dasar metode ilmu pengetahuan modern.

sumber : http://media.isnet.org/iptek/100/Galileo.html

Kesimpulan
            Semuanyapasti berawal dari ketidak tahuan dan kita semua harus berusaha agarmendapatkan pengetahuan tersebut.
Teruslah berusaha dan belajar lah..!!
SEMOGA INI SEMUA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA.
Posted in: Uncategorized